My Picture

Some text here.

More about me»

Geology

                      Teknik Geologi

        Teknik Geologi adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, jenis batuan, sifat-sifat fisika dan kimia, bentuk batuan, proses pembentukannya dan sejarah bumi serta geologi terapannya seperti Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Teknik, Hidro Geologi, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Tambang dan lain-lain. Teknik Geologi berperan sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam.  
       Penerapan keahlian seorang lulusan Teknik Geologi meliputi cakupan bidang profesi yang sangat luas antara lain adalah: rekayasa dalam penyediaan dan pengelolaan sumber daya energi (minyak bumi, batubara, panas bumi, dan sebagainya), pengelolaan lingkungan (kelestarian air tanah, mitigasi gerakan tanah, penentuan lokasi pembuangan limbah, dan sebagainya), penataan; perencanaan; serta pengembangan wilayah, konstruksi (jalan, jembatan, bendungan, gedung bertingkat, bunker, terowongan, dan sebagainya), dan pengelolaan sumber daya air (pengembangan air tanah, pengelolaan mata air, pengembangan daerah aliran sungai, dan sebagainya).
Dengan peluang kerja yang sedemikian luas, maka lulusan Teknik Geologi dapat bekerja di sektor pemerintah/departemen maupun swasta.

1.   Sektor Swasta (Lembaga Swadaya Masyarakat, Konsultan, Kontraktor, Perusahaan Minyak, Perusahaan Pertambangan, Perusahaan Geoservices, Suplier, Perbankan, serta Pengembang pemukiman, dll
2.   Sektor Pemerintah (Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, Menteri Negara Lingkungan Hidup, BPPT, Bappedal, Bapedalda, Departemen Dalam Negeri, LIPI, dll)

Selain profesi di atas, ada juga nih profesi lainnya untuk lulusan teknik geologi............................. : 
Yuk mari dibaca!
  • Sebagai tenaga perencana dan operasional dalam industri. Berbagai industri pertambangan seperti industri minyak dan gas bumi, industri semen, agrogeologi, geowisata, bahan galian industri dan geologi lingkungan, sangat membutuhkan kemampuan lulusan sarjana Teknik Geologi.
  • Sebagai anggota tim peneliti pada lembaga penelitian dan pengembangan. Sarjana Teknik Geologi dapat berperan sebagai peneliti pada lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah seperti dinas-dinas di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya untuk pengembangan penelitian-penelitian agrogeologi dan potensi bahan tambang golongan C.
  • Sebagai tenaga dosen di perguruan tinggi Di perguruan tinggi. 
  •  Sebagai wirausahawan di bidang geologi industri Dengan menggali potensi sumberdaya daerah yang ada, lulusan Teknik Geologi dapat menjadi inisiator dan kreator untuk membuka lapangan kerja baru, sehingga potensi yang dimiliki daerah dapat digali dan dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan.
                                              
Sumber : http://www.engineeringtown.com/teenagers/index.php/teknik-geologi.html
                   http://teknik.unsoed.ac.id/index.php?q=content/prospek-lulusan-teknik-geologi
0 comments:
Post a Comment

var gb = document.getElementById("gb"); if (window.opera) { gb.style.right = (30-gb.offsetWidth).toString() + "px"; }else { gb.style.right = (-gb.offsetWidth).toString() + "px"; } Read more: http://kangasepsule.blogspot.com/2012/03/cara-buat-buku-tamu-cbox.html#ixzz288VzETYy

Followers

About Me

My Photo
Chairiyatul Fitri
When a geologist starts her life on the journey and my heart belongs to the shore. NEVER stop trying
View my complete profile